Nasional

Terkait Penerapan RJ Dengan Korban CDO, Kejati DKI Jakarta Berikan Klarifikasi 

JAKARTA - Sebagaimana Pemberitaan yang beredar di media, terkait dengan penerapan Restoratif Justice (RJ) dalam kasus penganiayaan dengan Korban Cristalino David Ozora.

Dengan ini Kejaksaan Tinggi Daerah Khusus Ibukota ( Kejati DKI) Jakarta melalui siaran pers yang di sampaikan oleh Penerangan Hukum Kejati DKI Jumat (17/3/2023) menyampaikan klarifikasi sebagai berikut:

Pertama, Restoratif Justice hanya dapat dilaksanakan apabila ada pemberian maaf oleh korban atau keluarga, jika tidak ada otomatis tidak ada upaya Restoratif Justice dalam tahap penuntutan;

Kedua, untuk Tersangka Mario Dandy Satriyo dan Shane Lukas Rotua Pangodian Lumbantoruan tertutup peluang untuk diberikan Penghentian penuntutan melalui RJ karena menyebabkan akibat langsung korban sampai saat ini tidak sadar atau luka berat, sehingga ancaman hukumannya lebih dari batas maksimal RJ, dan menjadikan Penuntut Umum untuk memberikan hukuman yang berat atas perbuatan yang sangat keji.

Ketiga, Statement Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta memberikan peluang untuk menawarkan memberikan diversi kepada Anak AG yang berkonflik dengan hukum semata-mata hanya mempertimbangkan masa depan anak sebagaimana diatur dalam UU Perlindungan Anak. Oleh karena perbuatan yang bersangkutan tidak secara langsung melakukan kekerasan terhadap korban, namun apabila korban dan keluarga tidak memberikan uapaya damai khusus terhadap pelaku anak AG yang berkonflik dengan hukum maka uapaya Restoratif Justice tidak akan dilakukan.

Keempat, Kehadiran Kajati DKI Jakarta dan tim penuntut umum di rumah sakit semata-mata ungakapan rasa empaty sebagai penegak hukum sekaligus memastikan bahwa perbuatan para terdakwa sangat layak untuk diberikan hukuman yg berat.

Demikian untuk diperhatikan, agar tidak ada kesimpangsiuran pemberitaan di media. "Sumber: Penkum Kejati DKI Jakarta". (ded).


[Ikuti Merahputihterkini.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar