Daerah

Hargai Perjuangan Pahlawan, KALAPAS Pasir Pengaraian Dan Jajaran Napak Tilas Di Benteng Tujuh Lapis Tuanku Tambusai

PASIR PENGARAIAN Merahputihterkini.com - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pasir Pengaraian Bahtiar Sitepu beserta Pejabat Struktural dan Staf lakukan Napak Tilas di Monumen dan Benteng 7 Lapis Pahlawan Nasional Tuanku Tambusai Kamis (6/4/2023).

 


Bertempat di Desa Dalu-Dalu Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu, kegiatan Napak Tilas ini dihadiri oleh Ka.KPLP Marcos Sihombing, Kasubbag Tata Usaha Erpis Candra, Kasi Kamtib H.Masnor, Kasi Binadik Sunu Istiqomah Danu, Ketua Pipas Lapas Pasir Pengaraian Rosanta Ginting dan Anggota.


Menurut Bahtiar, adapun kegiatan ini masih dalam rangkaian  memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59 Tahun 2023.

"Kita napak tilas ini sebagai bentuk menghargai perjuangan Pahlawan Nasional Tuanku Tambusai. Dengan mengunjungi Cagar Budaya Benteng Tujuh Lapis ini. Kita bisa tau sejarah perjuangan beliau menjaga Republik Indonesia".Jelas Bahtiar.

Beranjak dari Dalu-Dalu, Kalapas dan rombongan juga singgah di Makam Raja-Raja Rambah dan melakukan Tabur Bunga.

Kerajaan Rambah merupakan salah satu dari lima Kerajaan Melayu di daerah Rokan Hulu dengan ibukota kerajaan yang pada awalnya berada dipinggir sungai Rokan Kanan namun dipindahkan ke Pasir Pengaraian. Kerajaan diperkirakan berdiri sekitar pertengahan abad ke XVII Masehi dan sudah menganut Agama Islam.

Dalam kegiatan hadir juga Lurah Tambusai tengah Nofriman, Kepala Desa Rambah Adi Saputra, Sekretaris Desa Rambah Hairunnas Elfis, dan Kepala Dusun Kumu Sejati Usman.


(Humas/Fr)


[Ikuti Merahputihterkini.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar