Nasional

PMI Rohul Gelar Donor Darah Keliling di Tambusai, Bupati Sukiman Ajak Masyarakat Dukung Kegiatan Misi Kemanusiaan

Rokan Hulu - Program Bhakti Sosial Donor Darah Keliling terobosan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terus berlanjut untuk memenuhi kebutuhan darah di Rumah Sakit di Rohul. Pelaksanaan donor darah di Kecamatan Tambusai, Ditinjau langsung Bupati Rohul H. Sukiman dan Ketua PMI Rohul Hj. Peni Herawati Sukiman, Selasa (29/8/2023).

Selain donor darah, kegiatan yang dipusatkan di Aula Kantor Kecamatan Tambusai ini juga digelar pemeriksaan serta Pelayanan Kesehatan Gratis Kerja sama Pemkab Rohul, PMI, Diskes dan RSUD Rohul.

Bupati Rohul H. Sukiman mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan, Kepala Desa yang telah mengarahkan warga Tambusai dengan penuh keikhlasan untuk mendonorkan darah dan mendukung kegiatan sosial dan misi kemanusiaan.

"Kita mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Tambusai yang telah mendonorkan darah. Pemkab Rohul sangat mendukung terobosan PMI Rohul dalam Program keliling kecamatan Donor Darah. Apalagi kebutuhan darah di Rumah Sakit 360 kantong darah, jadi dari kegiatan ini dalam rangka pemenuhan kebutuhan darah agar bisa membantu saudara kita yang membutuhkan darah apabila terjadi musibah kecelakaan dan operasi," kata Sukiman

Masih momentum HUT RI Ke 78, Bupati Sukiman yang juga Pembina PMI Rohul ini mengatakan bhakti sosial donor darah ini merupakan wujud kegiatan sosial sebagai upaya mengisi kemerdekaan serta dengan semangat kebersamaan dan wawasan kebangsaan agar generasi muda tidak melupakan sejarah.

Sementara itu, Ketua PMI Rohul Hj. Peni Herawati Sukiman mengatakan Bhakti sosial donor darah keliling Kecamatan ini merupakan inovasi PMI Rohul jemput bola ke Kecamatan.

Lanjutnya, PMI ini merupakan organisasi independen yang dibentuk Pemerintah yang tugas nya untuk melaksanakan dan melayani masyarakat seperti kegiatan sosial kemanusiaan tentang kepalangmerahan.

"Sehubungan hal itu, kami kerjasama dengan Diskes dan RSUD Rohul untuk memenuhi kebutuhan darah yang dibutuhkan Rumah Sakit di Rohul setiap bulan membutuhkan 360 kantong darah," kata Peni

Untuk memenuhi ketersediaan Darah tersebut, Lanjut Hj. Peni, PMI Rohul mengadakan program kegiatan donor darah keliling dengan cara menjemput bola ke kecamatan dengan harapan untuk memenuhi kebutuhan darah di Rumah Sakit di Rohul.

"Untuk pelaksanaan donor darah keliling Kecamatan se Rohul ini,  kami mohon dukungan pak Bupati, Camat, Kades dan seluruh masyarakat, Tim Medis di Rohul agar bisa kita bersama-sama saling mendukung untuk memenuhi ketersediaan darah agar bisa membantu masyarakat yang membutuhkan," harap Hj. Peni yang juga Ketua TP PKK Rohul ini.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Camat, Kepala Desa dan warga Tambusai yang sangat antusias melaksanakan program Donor darah. Terbukti dari kegiatan donor darah ini sudah terkumpul 75 kantong darah.

"Sebagai bentuk apresiasi kita kepada pendonor, kita memberikan uang 150 ribu bagi pendonor darah, susu, kacang hijau, Snack, nasi kotak dan Vitamin untuk tambah darah, ini sebagai motivasi kepada masyarakat yang penuh keikhlasan mendonorkan darahnya," ujarnya.

Ditempat yang sama, Camat Tambusai Muammer Ghadafi S.Sos mengatakan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah yang ditaja PMI Rohul ini. Ia telah menginstruksikan kepala Desa se Tambusai untuk mengirim minimal 5 orang per desa.

"Kita telah meminta 5 orang per desa dan kelurahan untuk mengikuti donor darah ini, Dari 11 Desa dan Kelurahan berarti 60 orang mengikuti donor darah, tapi nyatanya antusias masyarakat cukup tinggi, dari kegiatan ini Kecamatan Tambusai dapat menyumbang 75 Kantong Darah," ungkapnya

Meski persiapan belum maksimal, lanjut Muammer Ghadafi, tetapi kegiatan Donor Darah di Kecamatan Tambusai berjalan lancar dan antusias masyarakat cukup tinggi, karena donor darah ini merupakan misi kemanusiaan, satu titik darah sangat bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan.

"Karena tidak jarang baik keluarga maupun masyarakat kita meninggal dunia karena  kekurangan darah, Ibu Bupati sebagai Ketua PMI menggelarkan donor darah keliling sangat kita dukung, kami kecamatan Tambusai merupakan Kecamatan Ketiga melakukan kegiatan donor darah ini," pungkasnya. (MC/Kominfo)


[Ikuti Merahputihterkini.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar