Nasional

Jaga stabilitas Harga Pangan Jelang Idul Adha 1445 H, DKPP gelar GPM

Rokan Hulu - Dalam rangka Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan menghadapi Hari Besar Keagamaan  Nasional (HBKN) dan menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melalui Dinas Ketahanan Pangan Dan Perikanan (DKPP) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Taman Kota Pasir Pengaraian, Kamis (06/06/2024)

Dalam sambutannya, Bupati Rokan Hulu yang diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pemerintahan Drs. H. Ibnu Ulya, M.Si mengatakan bahwa lajunya tingkat inflasi yang terjadi saat ini mengakibatkan menurunnya daya beli masyarakat, berawal dari tingginya harga bahan bakar minyak serta ekstremnya cuaca yang terjadi di beberapa daerah penghasil bahan pangan sehingga harga bahan pangan pokok menjadi lebih mahal dari sebelumnya.

Lebih lanjut Ulya menambahkan fluktuasi pasokan dan harga komoditas pangan yang terjadi selama ini tidak hanya dapat merugikan petani, produsen, pengolah pangan, pedagang namun juga mempersulit warga memperoleh pangan yang dibutuhkan jika hal ini di biarkan tidak hanya mempengaruhi kepada inflasi, tetapi juga bisa menimbulkan keresahan sosial.

"untuk menjawab permasalahan tersebut pemerintah daerah melalui dinas ketahanan pangan dan perikanan Kabupaten Rokan Hulu memberikan solusi terbaik bagi masyarakat Melalui gerakan tangan murah ini" katanya.

Kegiatan ini merupakan langkah proaktif Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melalui dinas ketahanan pangan dan perikanan Kabupaten Rokan Hulu yang perlu dukungan semua pihak dalam rangka menjaga stabilitas harga pangan sekaligus aksesbilitas masyarakat dalam pemenuhan bahan pangan, GPM ini bekerjasama dengan forum Bulog cabang Kampar agen dan distributor, serta Petani Lokal.

Ulya berharap dengan adanya GPM ini dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat untuk meningkatkan kembali daya beli, masyarakat juga dapat memperoleh bahan pangan yang murah namun berkualitas.

"Dalam kesempatan ini khususnya dalam menyambut hari raya Idul Adha masyarakat bisa merasakan berbelanja pangan murah semoga gerakan pangan ini dapat membantu masyarakat untuk memperoleh bahan pangan yang diharapkan" jelasnya.


Sementara itu, PLT Kepala DKPP Rokan Hulu CH Agung Nugroho, Didampingi Kabid ketersediaan dan distribusi pangan Emrizon S.Pi dan Analis Ketahanan Pangan Ahli Muda Nurlaila Agusnaini wati S.Pi mengatakan kegiatan GPM ini dilakukan sesuai amanat dari Badan Ketahanan Pangan Nasional (Bapanas) untuk menghadapi bulan Hari Raya Idul Adha dan menjaga Stabilitas Harga pangan Di tengah fluktuasi Inflasi daerah.

Agung menerangkan untuk GPM kali ini DKPP menyediakan stok Beras 10 ton yang akan dikirim bertahap, Minyak 400 kg  dan Gula 300 kg Dll.

"Untuk komoditas pangan yang di jual seperti gula Rp. 17.500/Kg, Minyak Kita Rp.16.500/Kg, Beras SPHP 5 Kg seharga Rp.63.000, Bawang Merah Rp. 45.000/Kg, Bawang Putih Rp. 37.000/Kg serta Telur Ayam Rp. 52.000/Papan"ungkapnya.


Selain itu, DKPP juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan yang menyediakan Stand Skrining Kesehatan gratis untuk masyarakat yang datang seperti pemeriksaan Tensi Darah dan Gula Darah.

Tampak hadir, Kabag Perekonomian dan SDA Drs. Akmal, Camat Rambah, Lurah Pasir Pengaraian dan Kades Se kec. Rambah serta Ratusan Masyarakat yang hadir silih berganti. 


[Ikuti Merahputihterkini.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar