Daerah

Rumah Adat Kerajaan Bone di Lalap si jago Merah

net

BONE – merahputihterkini.com – belum lama ini telah terjadi kebakaran di BONE Sulawesi Selatan, yang mana kejadian tersebut melahap habis rumah adat bone {BOLA SOBA} sehinga sangat banyak masyarakat merasa terharu.

Rumah adat yang berada di jalan latenritatta tersebut merupakan salah satu peninggalan masa kerajaan, akibat kejadian tersebut membawa luka yang sangat mendalam bagi masyarakat BONE khususnya para warga yang melakoni sanggar seni.” Terang salah satu warga kepada wartawan.

Lanjutnya, Sejatinya rumah adat BONE yang di juluki BOLA SOBA menjadi tempat latihan para sanggar seni yang bermukim di sekitaran rumah adat BONE. Dari kejadian tersebut hanya menyisakan payung dan songkok recca khas BONE.”bebernya.

hingga kini pihak berwajib belum mengetahui pasti akibat kejadian tersebut. Namun menurut saksi mata ada orang yang sengaja membakar rumah adat BONE itu, namun belum bias di jadikan tersangka karna di ketahui bahwa saksi mata mengalami gangguan kejiwaan.

Hingga kini akibat kejadian tersebut masih menjadi buah  bibir di masyarakat, di karenakan belum terusut tuntas motif dari terbakarnya bola soba. Saat ini taka da lagi rumah adat peninggalan sejarah di bone namun pemerintah kabupaten BONE akan segera membangun kembali rumah adat seperti yang telah hangus akibat lahapan si jago merah,”tegasnya.(rilis/muas)


[Ikuti Merahputihterkini.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar