Nasional

Rokan Hulu Raih Juara 1 Lomba Aku Hatinya PKK se Provinsi Riau

Rokan Hulu - Masyarakat Kabupaten Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) patut berbangga. Pasalnya, Kabupaten Rohul meraih Juara 1 Lomba Aku Hatinya PKK ( Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman) dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 50 tingkat Provinsi Riau.

Piala dan Piagam penghargaan juara 1 Lomba Aku Hatinya PKK diserahkan langsung Ketua I TP PKK Provinsi Riau Suti Mulyati Edy, yang diterima Ketua TP PKK Rohul Hj. Peni Herawati Sukiman yang diwakili Wakil Ketua 1 TP PKK Rohul Hj Sri Yulita, di Aula Gedung Dharma Wanita, Kamis (2/6/2022) malam.

Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman melalui Wakil Ketua 1 TP PKK Rohul Hj Sri Yulita Indra Gunawan, kepada Media Center Diskominfo Rohul, Kamis (2/6/2022) mengatakan Pemkab dan TP PKK Rohul khusunya masyarakat Rohul sangat senang dan bangga dengan prestasi juara 1 Lomba Aku Hatinya PKK se Riau.

"Kita sangat senang bisa meraih juara 1 Lomba Aku Hatinya PKK, meskipun persaingannya banyak Kabupaten/Kota se Riau, tapi Alhamdulillah berkat kerja keras dan kerjasama, kita lihat Pokja 3 di Desa Kumain Alhamdulillah Rohul Juara 1," ujarnya

Ia juga mengaku torehan prestasi ini berkat kerja keras seluruh stakeholder. Berkat bimbingan dan dukungan Bupati, Wabup, Ketua TP PKK Rohul, OPD dan seluruh pihak terkait.

Ia juga menjelaskan, penunjukan Desa Kumain sebagai lokus penilaian karena jauh sebelum lomba, tata kelola halaman rumah dan didukung tanaman sayuran dan toga sudah terbentuk sebelum dilakukan penilaian

"Jadi kita PKK bersama Pemkab hanya menata saja, bahkan pak Bupati, Wabup, Ketua PKK waktu itu intens turun ke Desa Kumain untuk membina dan mengedukasi masyarakat untuk membiasakan hidup bersih, sehat dan terciptanya lingkungan nyaman dan asri," ujarnya

"Kita berharap ini bukan sekedar lomba, tapi bagaimana agar terciptanya ketahanan pangan keluarga, dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk tanaman sayuran dan lainnya," harapnya

Sri Yulita berharap prestasi dapat dipertahankan kedepannya lebih baik. Dengan Gerakan Aku Hatinya PKK, ia berharap masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami tumbuhan produktif, baik tanaman obat keluarga (toga), sayur-sayuran, hortikultura, serta peternakan dan perikanan.

“Sehingga tercipta keindahan dan kenyamanan rumah, serta bisa untuk pemenuhan gizi keluarga guna mencegah terjadinya Stunting atau gizi buruk pada anak,” ujarnya.

Oleh karena itu, melalui gerakan Aku Hatinya PKK, Sri Yulita mengajak masyarakat di Kabupaten Rohul dapat mengimplementasikan gerakan Hatinya PKK dengan memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing.

Untuk diketahui, perlombaan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 dan lomba Jambore Kader PKK tahun 2022 tingkat Provinsi Riau secara resmi ditutup penyelenggaraannya oleh Ketua I TP PKK Provinsi Riau, Suti Mulyati Edy.

Kegiatan ini menggelar berbagai perlombaan, adapun yang berhasil menjadi pemenang dalam perlombaan tersebut yakni pertama, lomba Administrasi PKK, juara satu diraih oleh utusan Desa Tanjung Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti, disusul oleh utusan Desa Bukit Sembilan Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar.

Kedua, lomba Kelompok Pola Asuh Anak dan Remaja, juara pertama diraih oleh utusan Desa Jangkang Kecamatan Bantan Kabupat  en Bengkalis, dan disusul oleh utusan Desa Surya Indah Kecamatan Pangkalan Kiran Kabupaten Pelalawan.

Ketiga, lomba Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, juara pertama diraih oleh utusan Kelurahan UP2K Lestasi Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuansing, dan juara dua Kelurahan UP2K Sodap Terasi Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir.

Keempat, lomba Hatinya PKK diraih oleh utusan Desa Kumain Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu, dan utusan Desa Bagan Keladi Kecamatan Dumai Barat Kota Dumai.

Kelima, lomba Posyandu dimenangkan oleh utusan Posyandu Mekar Sari Desa Seresam Kecamatan Siberida Kabupaten Indragiri Hulu, dan utusan Posyandu Nusa Indah Desa Merangkai Kecamatan Dayun Kabupaten Siak.

Sedangkan lomba Jambore PKK Tahun 2022 yakni lomba pelaksanaan Pokja I dan IV, pemenang satu diraih oleh Kabupaten Indragiri Hilir dan pemenang dua Kabupaten Siak. Sementara lomba pelaksanaan Pokja II dan III juara pertama diraih oleh Kota Dumai dan juara kedua Kabupaten Bengkalis. (MC/Kominfo)


[Ikuti Merahputihterkini.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar