Kegiatan Panen Perdana Sawit Plasma PTPN V KUD Makarti Jaya

Gubernur Riau bersama Bupati Rohul Hadiri Panen perdana Sawit Plasma PTPN V KUD Makarti Jaya Tandun

Rohul- Kegiatan Panen Perdana Sawit Plasma PTPN V KUD Makarti Jaya seluas 697 HA dibuka langsung oleh Gubernur Riau  Drs.H.syamsuar, M.Si didampingi Bupati Rokan Hulu H. Sukiman Di Desa Kumain Kecamatan Tandun Rokan hulu,Senin (24 Oktober 2022).

Hadir dalam kegiatan ini Direktur Utama Holding Perkebunan PTPN Group M. Abdul Ghani, Direktur Utama PTPN V Jatmiko K. Sentosa, Dandim 0313/KPR, Kepala Dinas (Kadis) Peternakan dan perkebunan  Drs. Agung Nugroho, Kadis PUPR Anton,ST,MM, Kadis Perpustakaan dan Arsip Ir H. M. Ruslan, M.Si, dan Kadis DPMPTSP Munandar, Direktur Utama BRK , Kemudian Ketua Aspekpir Setiono, Camat Tandun Muhammad Rodi, S.Sos, Kepala Desa se kecamatan Tandun serta Seluruh Petani KUD Makarti Jaya

Mendampingi Gubernur Riau turut hadir Kadis Perkebunan Provinsi Riau Ir. Zulfadli, Kadis Ketahanan Pangan dan Holtikultura Riau Ir Syahfalefi, M.Si, beserta Kepala bidang Produksi Perkebunan Vera Virgianti, S.Hut, MM.

Dalam arahannya Gubernur Riau Drs H. Syamsuar, M.Si mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Riau terus bergerak positif sebesar 4.8 Persen dan Produk  Domestik Regional Bruto (PDRB)  Provinsi Riau  terbesar ke 5 se-Indonesia, kemudian kontribusi Ekspor Riau termasuk Sawit meyumbang ke negara sebesar 34 Persen, Berpengaruhnya Prov. Riau terhadap ekonomi nasional merupakan wujud dari salah satu visi Riau yang menjadi prioritas tahun 2022 yang tercermin dari tiga sektor utama penunjang ekonomi Riau berasal dari sektor perdagangan, produksi konsumsi, dan Pertanian.

Syamsuar menambahkan Sektor perkebunan merupakan penopang ekonomi Riau, dimana perkebunan di Riau seluas 3,8 Juta Ha dengan Produksi mencapai 8,3 Juta Ton CPO/tahun melibatkan 873.140 KK

"meski begitu banyak persoalan yang dihadapi seperti banyaknya tanaman sawit yang sudah tua yang perlu peremajaan sawit, kurangnya bibit unggul, minimnya kemitraan petani dengan Perusahaan dan harga TBS masih Fluktuatif" ungkap Syamsuar.

Dengan diadakannya acara ini gubernur berharap adanya kesadaran masyarakat untuk bermitra atau bergabung dalam kelembagaan petani dan perusahaan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat, kemudian diharapkan PTPN  terus membantu pemerintah dan berkontribusi untuk meningkatkan perekonomian di Rokan Hulu.

"Dengan adanya kesadaran dan edukasi yang diberikan kepada masyarakat mudah mudahan juga lebih baik dimasa yang akan datang, kemudian petani juga berminat bermitra dengan perusahaan" ujarnya.

Masih ditempat yang sama Bupati Rokan Hulu H Sukiman menyampaikan di kabupaten Rokan Hulu, para petani memiliki kendala yang sulit khususnya saat akan melakukan replanting secara mandiri, mulai dari penerbangan tanaman, pembersihan lahan, dan penanaman. namun hal tersebut akan menjadi mudah jika dibantu lewat program replanting dari pemerintah.

untuk itu, atas nama pemerintah kabupaten Rokan Hulu Sukiman mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada  gubernur, direktur holding perkebunan, direktur PTPN V yang sudah merealisasikan  program peremajaan sawit rakyat di KUD Makarti Jaya desa Kumain Kecamatan Tandun.

"program pertanian seperti ini yang dinanti-nanti oleh masyarakat kabupaten rokan hulu, karena program ini merupakan salah satu program yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani" ungkapnya.

Selanjutnya ia berharap kepada para petani hendaknya keberhasilan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan kedepan lahan kebun pertanian betul-betul produktif, sehingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat menjadi lebih baik.

"karena kesuksesan ini merupakan sebuah contoh keseriusan semua pihak, dimana hingga saat ini, kelapa sawit termasuk komoditas perkebunan yang masih menjadi primadona masyarakat petani di kabupaten rokan hulu dalam meningkatkan perekonomian" tutupnya.

Diakhir acara, Aspekpir Rokan Hulu menobatkan Gubernur Riau sebagai "Bapak Petani Plasma Riau" Dan diberikan plakat penghargaan kepada Bupati Rokan Hulu atas dukungan Pemerintah kepada petani plasma, kepada Dirut Utama atas inisiasi PSR di Riau dan kepada Dirut PTPN V sebagai "Bapak Mitra Petani Plasma Riau" , kemudian usai acara Gubernur Riau dan bupati Rokan Hulu melakukan panen perdana di kawasan Sawit KUD Makarti Jaya.


[Ikuti Merahputihterkini.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar