Daerah

DLH Rohil Turunkan Tim Satgas Atasi Banjir secara Manual

ROKAN HILIR - Sejumlah strategi dilakukan Pemerintah Daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) untuk mengatasi banjir di Kota Bagansiapiapi. Salah satu strategi itu melakukan normalisasi sungai pabrik yang ada di Bagansiapiapi dengan cara manual, karena tidak bisa menggunakan alat berat.

Tak tanggung-tanggung, puluhan orang Tim Satgas penanggulangan banjir dikerahkan untuk membersihkan sungai pabrik.

"Puluhan orang Tim Satgas kita turunkan untuk membersihkan sungai pabrik dengan cara manual, karena sungai pabrik tidak bisa dibersihkan dengan alat berat, banyak rumah masyarakat dipinggiran sungai," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rohil Suwandi, S.Sos, di Bagansiapiapi, Jumat (27/01/2023).

Menurutnya, dengan dilakukannya pembersihan sungai pabrik dapat mengatasi banjir yang dialami masyarakat di Kelurahan Bagan Timur, Bagan Hulu dan Bagan Punak.

"Saat kita melakukan pembersihan sungai pabrik ini memang terdapat kendala, pertama kondisi sungai arus airnya deras. Kemudian adanya rumah dan tanaman-tanaman warga di pinggir sungai. Tadi kita sudah lakukan komunikasi dengan warga, dan warga tidak merasa keberatan jika tanamannya terkena saat dilakukan pembersihan sungai," kata Suwandi.

Suwandi berharap setelah dilakukan pembersihan sungai pabrik dengan cara manual ini diharapkan dapat mengatasi banjir yang dialami warga.

"Kita sudah bersihkan sungai pabrik yang di mulai  dari jembatan Jalan Bulan hingga ke Jalan Suhada. Tentu kita berharap dapat menurunkan tingginya debit air yang menggenangi pemukiman warga," demikian Suwandi. 


[Ikuti Merahputihterkini.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar