Nasional

Tradisi Potang Balimau dalam Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H

Media Center Rohul - Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H/2024 M, Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) menggelar tradisi rutin masyarakat Rohul dalam menyambut bulan Ramadhan yaitu Potang Bolimau, dilaksanakan di Halaman Masjid Agung Islamic Centre Rohul,  Minggu, (10/03/2024).

Hadir dalam kegiatan Wakil Bupati ( Wabup) Rohul H. Indra Gunawan, Sekda Rohul M. Zaki, S.STP, M.Si, Para Staf Ahli, Kepala OPD,  Tokoh Adat dan masyarakat Rohul.

Wabup H. Indra Gunawan mengucapkan terima kasih atas kehadiran untuk mengikuti acara Potang Bolimau yang ditaja dalam rangka menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan yang insya allah akan dilaksanakan pada hari  Selasa 12 Maret 2024, acara Potang Bolimau yang dilaksanakan ini merupakan salah satu tradisi yang sudah menjadi bagian dari budaya di Rohul.

"Tradisi ini mengandung makna yang sangat mendalam, tidak hanya sekedar prosesi  tetapi juga sebagai bentuk pengingat akan pentingnya persaudaraan, kebersamaan dan Silaturahmi dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan" ungkap Wabup.

Indra Gunawan juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang melaksanakan Potang Bolimau di sungai pada esok hari, agar berhati-hati karna debit air sungai sedang tinggi dan arus yang kuat, dan mengajak masyarakat Rohul untuk meramaikan Masjid dan menjadikan Bulan Ramadhan sebagai Momentum untuk melakukan Instropeksi diri.

"Kepada masyarakat yang akan melaksanakan mandi bolimau disungai agar lebih baik menghindari dikarenakan debit air yang tinggi dan arus yang deras, boleh berbahagia dalam menyambut bulan Ramadhan, tetapi dapat menjalankan puasa dengan baik dan berkumpul bersama keluarga jauh lebih baik" tutup Wabup.

Kegiatan Potang Belimau pada hari ini juga diberikan santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa dan berharap menjadikan momen ini sebagai keberkahan Bulan Suci Ramadhan dapat dirasakan semua orang.


[Ikuti Merahputihterkini.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar