Rokan Hulu

Wakil Bupati Tekankan 6 Poin Penting Cegah Kebakaran Hutan dalam Apel Kesiapsiagaan Karhutla

Pasir Pengaraian - Untuk mencegah terjadinya Kabakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) diwilayah Kabupaten Rokan Hulu ((Rohul), Pemkab Rohul bersama TNI Polri dan Pihak Swasta melaksanakan Apel Kesiapsiagaan Bencana Karhutla Tahun 2022, dihalaman Kantor Bupati Rohul, Jum'at (1/4/2022).

Apel Kesiapsiagaan Bencana Karhutla ini dipimpin langsung Bupati Rohul H. Sukiman diwakili Wabup Rohul H. Indra Gunawan. Turut juga dihadiri Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK, Sekd Rohul M. Zaki, Kajari Rohul Pri Wijeksono, SH, Perwakilan Kalapas Kelas IIB B Pasir Pengaraian Era Irawan

Selain itu, Kalaksa BPBD Rohul Zuljandri Rosa S.Si. MM, Kepala OPD, Camat, Danramil, Polhut Rohul, Satgas Setia Krisna dan Seluruh Perusahaan Kelapa Sawit dan Perkebunan se Rohul.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Rohul H. Indra Gunawan mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla, dari tanggal 23 Maret sampai 22 April 2022 dilaksanakan Siaga Karlahut.

"Mari semua pihak kita bersama sama dalam mendukung kegiatan pemadaman dan pencegahan api. Apel siaga karhutla dilaksanakan memastikan tugas dengan baik personil dan materil dalam melaksanakan tugasnya," kata Wabub

Ia menjelaskan, dari data yang diperoleh Luas lahan terbakar sejak 1 Januari hingga 30 Maret 2022 seluas 134 Hektar. Terkait Karhutla ini dapat dikendalikan petugas gabungan dengan baik.

Untuk mencegah terjadinya Karhutla, Wabup Rohul menekan 6 poin penting. Pertama, memprioritaskan pencegahan melalui hotspot dan gencar lakukan patroli serta edukasi masyarakat. Kedua, Pengontrolan harus sampai tingkat bawah dan Kades ajak tokoh masyarakat dan tokoh agama

"Ketiga, kita berharap semua pihak mencari solusi untuk menangani Karhutla. Keempat, lakukan penataan lahan gambut harus terus dilaksanakan. Kelima, jangan biarkan api membesar dan Langkah keenam, lakukan penegakan hukum di lakukan tanpa kompromi," harapnya

Ia juga mengamanatkan Tim Satgas yang telah di bentuk harus bisa bekerja sama baik dalam pemadaman darat dan udara serta bisa bersinergi.

"Kepada seluruh personil, kami mengucapkan tetap semangat tetap solid. Terimakasih atas dedikasi dalam perjuangan dalam pencegahan dan penanganan Karlahut dengan mencanangkan langit biru di Provinsi Riau," pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK mengatakan terkait kasus kebakaran di Rohul, penyidik sudah melakukan penanganan melakukan penyelidikan dan penyidikan saat ini dilakukan pengumpulan alat bukti dan mengawal perkara tersebut sampai ke persidangan.

"Jadi kasus ini menjadi pelajaran bagi masyarakat dan korporasi agar membuka lahan dengan cara tidak membakar. Melalui Apel Kesiapsiagaan Karhutla ini sebagai langkah untuk mencegah terjadinya Karhutla. Diharapkan sinergitas kepada seluruh pihak agar selalu berkomitmen dalam pencegahan terjadinya Karhutla," pintanya

Usia kegiatan Apel, Wabup Rohul H. Indra Gunawan bersama Kapolres dan undangan yang hadir melakukan pemeriksaan Pasukan Apel dan Peralatan Karhutla. Diakhir kegiatan juga dilakukan  Pemusnahan barang bukti/Disponal Barang Bukti Hasil Kegiatan KRYD Menjelang Bulan Ramadhan oleh Polres Rohkan Hulu.


[Ikuti Merahputihterkini.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar